kopi luwak

Kopi Luwak yang Benar

Kenapa dikatakan kopi luwak atau kopi luak.... ada yang bisa jawab ? (orang cari jawaban kok dapat pertanyaan ) menurut Armiyadi (yang punya website) ini yaitu karena kopi tersebut dimakan oleh binatang/hewan yang bernama luwak dan kopi yang dimakan oleh luwak tersebut berbeda rasanya dengan kopi yang lain karena proses fermentasinya didalam perut hewan tersebut sehingga dari segi harga sangat berbeda tajam dengan kopi yang lain.

Di Dataran Tinggi Gayo kopi luwaknya adalah kopi luwak arabika sehingga disebut kopi luwak Arabika gayo, yaa karena di Gayo varietas kopi yang di tanam 90 persen arabika yaitu dengan banyak varietas seperti Gayo , Gayo II Lini S dan lain sebagainya.  

Kopi luwak adalah kopi yang unik baik dari sisi proses, rasa dan harga. Dari sisi proses kopi luwak atau ada juga orang menyebutnya kopi luak beda “W” aja,  mana yang benar?  tergantung anda saja yaaa.... dari sisi proses kopi luwak diproses di dalam perut hewan yang bernama Musang Anda dapat melihat gambarnya pada website asakopigayo.com ini.

Kopi luwak diprores dalam perut hewan liar musang yang dalam suhu dan tempratur sesuai kondisi perut hewan tersebut dan dalam waktu yang tidak terlalu lama mungkin 3 sampai dengan 5 jam, tapi itu belum di teliti lo hanya estimasi karena hewaan ini biasa mengeluarkan kotorannya yang encer apalagi jika dia lagi lapar dan lagi doyan ama kopi dia (musang/luwak/luak) makan banyak dan mencreett, itu di lihat dari kotoran yang di tinggalkan, bahkan ada yang berhamburan (musempur/bahasa Gayo).

Dari ciri tersebut jika ada orang yang menawarkan bahwa kopi luwak liar itu ada yang bongkahan dan di panennya musim hujan...? nampaknya perlu dipertanyaakan deh keaslian kopi luwak tersebut, karena kopi luwak Gayo itu yang liar sangat susah mendapatkan dalam bentuk bongkahan karena begitu di keluarin ama itu musang terus kena ujan deh.. nah pasti pecahkan. Kecuali luwak tersebut mengeluarkan kotorannya tersebut pada musim kemarau tapi kita bias bertanya kembali pada saat kapankan Musim Panen Kopi Di dataran Tinggi Gayo itu pada Musim kemarau?

Kopi luwak sangat banyak beredar dipasaran baik di café shop atau dalam bentuk retail saat ini namun banyak pembeli yang meragukan tentang kualitas dan keoriginalan kopi tersebut, penulis akan membahas sedikit beberapa alasan dan penyebab kopi luwak tersebut diragukan.

 

KOPI LUWAK BISA DIKETAHUI OLEH ORANG YANG BENAR-BENAR MENGERTI CITA RASA KOPI

Cita Rasa Kopi Luwak itu unik, cita rasa yang unik ini hanya bisa dikecap oleh lidah yang terlatih dan mustahil bisa dikecap oleh orang awam sehingga bisa  kita simpulkan orang biasa yang tidak memahami citarasa kopi pasti tidak bisa membedakan kopi luwak atau bukan.

Berbedaan cita rasa yang sangat tipis ini bisa kita ketahui jika kita sering melatih lidah memehami cita rasa kopi, secara umum ilmu pengetahui tentang cita rasa kopi ini disebut Organliptik.

Ciri–ciri umum Aroma kopi luwak

  • Aroma floral (bau bunga-bunga hutan) biasanya sangat kaya.
  • Aroma fruity (buah-buahan) bisa saja aroma jeruk, markisah, papaya dan sebagainya, biasanya seperti buah yang dipermentasi.
  • Aroma earty (berbau tanah) bau atau aroma yang dimaksud disini adalah aroma tanah yang sangat specific, halus dan menyenangkan, definisi earty sendiri sangat banyak tapi kita hanya mengambil istilah earty yang disuka atau tidak.

Beda Wilayah sumber kopi luwak akan berbeda cita rasanya

Hamparan kopi gayo yang sangat beragam mulai dari dataran yang memiliki ketinggian tempat 900 mdpl sampai dengan 1600 mdpl membuat beragam juga cita rasa yang dihasilkan jika dikombinasikan lagi dengan beragamnya varietas yang dikembangkan oleh petani Kopi Gayo membuat cita rasa dan aroma Kopi gayo sangat unik dan banyak.

Ulasan tersebut membuat kopi luwak gayo juga akan beragam dalam hal cita rasa, jika kopi luwak yang diambil dari satu tempat misalnya dari Kecamatan batu Lintang Aceh Tengah dan kalau kita bandingkan dengan kopi luwak yang kita kumpulkan dari daerak Kecamatan Rusip Antara tentu akan berbeda, perbedaan ini disebabkan oleh varetas kopi, ketinggian tempat serta lingkungan kehidupan hewan luwak tersebut yaitu berupa hutan dan makanan yang tersedia pada hutan tempat hewan musang ini hidup.

Perbedaan tersebut akan menghasilkan perbedaan cita rasa kopi luwak dari masing-masing daerah, namun tentu hanya orang terlatih dan orang yang meneliti aroma dan citarasa saja yang bias mengkalisfikasi perbedaan kopi luwak tersebut.

Kami ASA COFFEE mengolah kopi luwak dengan terlebih dahulu melakukan pelatihan kepada anggota yang akan mengumpulkan kopi luwak pada kebun mereka atau pada hutan dan semak yang berada pada lingkungan anggota kelompok kami pelatihan ini meliputi :

1. Bagaimana cara mengumpulkan kopi luwak yang berkualitas

2. Bagaiaman membedakan kopi luwak yang telah berumur 1, 2 , 3 hari atau 1, 2 minggu atau 1, 2 bulan sudah berada dilapangan atau bearapa lama sebenarnya kopi luwak tersebut dikeluarkan oleh hewan tersebut.

3. Cara memproses kopi luwak yang benar agar aroma dan cita rasa yang seharusnya ada pada kopi luwak tidak hilang.

Pengumpulan dan pengkalisifikasian merupakan hal yang paling penting dalam bisnis kopi luwak, karena jika kita salah dalam menyajikan dan menjual kopi luwak maka bukan saja reputasi sebuah nama perusaahan yang jadi rusak dan tercoreng tapi akan dituding sumbernya dan ini merupakan bencana bagi bisnis kopi luwak dan pencinta cita rasa kopi luwak, semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi agar kita lebih peduli dan hati-hati terhadap kopi luwak, Salam Amiyadi ASA COFFEE

 

PRODUK KOPI LUWAK GAYO ASA COFFEE

  • Kami Menjual Gabah Kopi Luwak Gayo

Kami menjual kopi luwak gayo dalam bentuk gabah (parchment) yang kami oleh dari gabah basah, yang dikumpulkan oleh petani terlatih, alasan kami membeli kopi luwak yang basah karena akan memudahkan kami dalam menyeleksi dan menganalisa, basah yang kami maksud sisini adalah kopi luwak segar, karena jika sudah kering akan sulit untuk mengenali dan meneliti kebenaran dan keaslian kopi luwak. Jika masih segar, aroma dan ciri kopi luwak lainnya dapat kita kenali dari lendir dan gabungan sisa-sisa makanan yang terbawa atau yang ikut dimakan oleh hewan musang tersebut. Kopi luwak yang segar ini kami olah berdasarkan permintaan apakah permintaan pembeli dicuci atau tidak dicuci langsung dijemur. Proses ini dilakukan menurut Standar Oprasional Prosedur (SOP) yang telah kami tetapkan.

Tidak semua kopi yang dibawa member kami beli, kami hanya membeli jika standar yang kami tetapkan pada Training yang telah kami lakukan dipatuhi, artinya kita tidak membeli kopi luwak yang ciri dan aromanya tidak lagi mencerminkan kopi luwak walaupun benar itu kopi luwak, karena kopi luwak hanya dipasarkan karena karakteristik citarasa yang khas.

  • Kami Menjual Green Bean Kopi Luwak Gayo

Kopi luwak segar yang sudah dibeli dari member diproses dengan menjemur kopi luwak tersebut sampai pada kadar air 12 %. Proses penjemuran merupakan hal yang tidak kalah palingnya dengan proses yang lain karena kopi luwak tersebut dijemur ada yang sudah cuci dan ada yang tidak dicuci, karena penjemuran yang dilakukan tersebut masih terbungkus dengan kulit tanduk sehingga penjemurannya memerlukan waktu 5 sampai 8 hari.

Proses penjemuran Kopi Luwak yang membutuhkan waktu lama ini akan membutuhkan perhatian yang serius karena setiap hari dijemur lalu diangkat pada sore hari itupun kalau cuaca bagus jika cuaca kurang bagus maka bisa saja hanya 1 jam atau 2 jam per hari. Ketika diangkat kopi tersebut harus dibungkus rapi dan tidak bisa terkontaminasi dengan bahan yang berbau apalagi jika ruangannya lembab maka akan berpengaruh pada aroma kopi luwak tersebut.

Penyimpanan yang tepat akan menjaga aroma dan cita rasa kopi luwak, banyak sekali pengumpul kopi luwak mengabaikan proses yang menurut penulis sangat penting, sehingga berakibat hilangkan citarasa dan aroma pada kopi luwak mereka.

Proses selanjutnya adalah menghulling kopi luwak tersebut dan diteruskan dengan proses seleksi atau pengkalsifikasian biji cacat dan biji yang bagus.

  • Kami Menjual Kopi Luwak Gayo Biji Roasted

Green Bean Kopi luwak yang telah di seleksi sudah bisa diroasting, sebelum diroasting kita dapat mengenai ciri kopi luwak yang baik dari sisi aromanya seperti yang saya jelaskan sebelumnya diatas. Proses Roasting merupakan kunci lainnya yang sangat penting juga, apakah proses roastingnya Past-Slow atau sebaliknya slow to past istilah ini juga hanya diketahui oleh Roaster yang berpengalaman atau yang sudah mengikuti pelatihan Meroasting.

Tipe Roasting yang dibuat akan menentukan juga cita rasa kopi luwak tersebut contoh tipe roasting light akan menghasilkan citarasa dan aroma yang mantap tapi mungkin akan memunculkan sedikit rasa acidity, begitu juga jika tipe roasting yang dibuat medium atau dark akan menghasilkan citara rasa yang berbeda, ceritakan kebutuhan dan tipe roasting yang Anda butuhkan kami ASA COFFEE siap membantu Anda.

Hubungi Kami di Nomor HP & WhatsApp : 0811 6888 665 (Marketing)

Silakan Hubungi Melalui WA, LINE, BBM, SMS atau Telpon

Email : armiyadi.aman.agro@gmail.com

 

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 asakopigayo.com
asakopigayo.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap