harga kopi gayo

Perkembangan Terbaru Harga Kopi Gayo

Harga kopi saat ini berpedoman pada pasar Amerika Serikat sering orang menyebutnya dengan “terminal New YorK” , karena era informasi yang sudah modern harga kopi bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk diketahui dan  mendapatkan harga kopi yang terkini atau up to date. Penentuan harga kopi di tingkat eksportir   berpedoman pada harga jual dikurangi dengan biaya atau kost yang dikeluarkan dalam proses produksi di tambah sedikit keuntungan yang diambil oleh pengusahannya.

Sebagai contoh harga kopi yang di jual dalam bentuk ready (siap eksport) ke luar negeri $ 5, kalau kurs rupiah pada saat transaksi Rp. 13.800,- maka dapat kita kalikan $ 5 x 13.000 = Rp. 69.000/kg green kopi ready. Kalau demikian maka eksportir  akan membeli dari tingkat pedagang lokal maksimal  Rp. 65.000,- karena ada biaya ekspor dan keuntungan yang harus di keluarkan.

Penentuan harga kopi untuk kopi asalan harus dibawah 65.000,- karena harus di proses kembali dan masih mengalami penyusutan. Demikian juga dengan penentuan harga kopi gabah akan berkisar antara 25.000/bambu (satu Bambu sama denagn 2 liter) sampai dengan 28.000,-/bambu

Harga kopi gelondong, harga kopi gabah dan harga kopi  asalan sangat di tentukan oleh kualitas kopi itu sendiri dan ini sangat dipengaruhi oleh masa penen, kalau masa awal penen, harga kopi cendrung kurang baik artinya murah  karena kualitas yang di hasilkan/hasil akhirnya (rendemen) sangat sedikit. Berbeda dengan masa pertengahan panen  kualitas kopi akan lebih baik dan berpengaruh pada harga kopi.

Hal yang aneh untuk harga kopi sering sekali terjadi di Dataran Tinggi Gayo adalah harga kopi yang cendrung turun/murah pada saat tidak  panen dan cendrung naik saat panen kopi mulai banyak ini sudah menjadi kebiasaan dan hampir terjadi setiap tahun.

Ada 4  alasan penyebab harga kopi yang cendrung turun pada saat tidak ada Panen

  1.  Banyak pedagang yang tidak aktif atau tidak melakukan transaksi dagang/jual beli kopi
  2. Jumlah kopi ketika tidak dalam masa panen sangat sedikit sehingga waktu pengumpulannya memerlukan waktu yang lama, lamanya proses ini tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk menggaji tenaga kerja. Biasanya karyawan yang dipekerjakan pada industri kopi adalah harian.
  3. Para eksportir pada waktu bukan musim panen tidak atau sangat jarang membuat kontrak penjualan kepada pembeli luar negeri, sehingga tidak ada kegiatan untuk memenuhi kontrak penjualan.
  4. Kualitas kopi pada waktu tidak panen biasanya sangat rendah.

Harga kopi di dataran Tinggi Gayo Cenderung lebih tinggi dari pasar New York biasanya berkisar $ 1 sampai dengan $ 2 perbedaannya, perbedaan ini dalam artian lebih tinggi di  dataran Tinggi Gayo, misal kalau di terminal New York harganya $ 3,5 maka di gayo harga kopi yang berlaku adalah $ 5,5.

Ada 3 alasan harga kopi gayo lebih tinggi dari pasar New York.

  1. Kopi Gayo menerapkan kopi konservasi artinya lingkungan tempat budidaya kopi tersebut tidak merusak habitat atau ekosistem sebuah kawasan karena kopi gayo sitem budidayanya memakai nangan berupa pohon Lamtoro, pohon pokat, pohon durian, pohon jeruk dan banyak jenis pohon lainnya sehingga kalau keti melihat hamparan kopi dari udara hamper tidak kelihatan kecuali hamparan hutan kopi.
  2. Kopi Gayo memiliki Sertifikasi Internasional, jumlah koperasi dan badan usaha lain yang mensertifikasi organic di Dataran Tinggi Gayo lebih dari 25 Perusahaan diantaranya ada 18 koperasi produsen yang mengaplikasi langsung standar UE (eropa), USDA (Amerika) dan JAS (Jepang) dalam budidaya dan praktek berkebun kopi para anggotanya, sertifikasi lainnya yang sudah diaplikasi oleh perusahaan-perusahaan tersebut adalah Sertifikasi FTO (Fairtrade), Rain Fores, UTZ Certifiet, C.A.F.E Practice,
  3. Kopi Gayo memiliki citarasa yang khas atau specific, citarasa kopi yang istimewa ini merupakan hal yang perlu dibanggakan namun sangat berbahaya jika kita tidak bias menjaga dan mempertahankannya yang akan berakibat pada reputasi yang kurang baik. Inilah 3 alasan kenapa harga kopi gayo tersebut lebih tinggi dari pasar New York.

Harga kopi yang berlaku tinggi di Dataran Tinggi Gayo belum membawa perubahan yang signifikan kepada petani bahkan petani menganggpa harga kopi saat ini belum tinggi hal ini karena produktifitas/hasil dari kebun petani sangat rendah kalau dihitung berdasarkan luas yang mereka kelola. Tudingan ini akan Nampak benar jika kita membandingkan harga kopi gayo dari satu kecamatan dengan kecamatan lain yang ada di dataran Tinggi Gayo, karena harga yang berlaku di sentra kebun  kopi arabika terluas di Asia Tenggara ini relative sama dengan jika disbanding antar kecamatan, namun jika kita ingin membandingkannya dengan Kopi Lintong, Kopi Sidikala atau Kopi Mandailing bahkan jika kita banding dengan kopi dari Papua dan Sulawesi jauh harga kopi gayo lebih tinggi dari mereka.

 

HARGA KOPI PRODUK ASA COFFEE

Kami Asa Coffee menyediakan produk kopi mulai dari gabah, green bean, biji roasted sampai pada bubuk kopi dengan harga terjangkau dengan kualitas yang terjamin, berikut adalah produk asa kopi

  • Harga Kopi Arabika Specialty Gayo

  1. Harga Green Bean kopi specialty yang kami jual adalah Rp. 85.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
  2. Harga Roasted Bean kopi specialty kami adalah Rp. 160.000,-/Kg Belum termasuk ongkos kirim.
  3. Harga Bubuk kopi specialty kami adalah Rp. 160.000,-/Kg Belum termasuk ongkos kirim.
  •  Harga Kopi Arabika Peaberry Gayo

  1. Harga Green Bean kopi Arabika Peaberry Gayo yang kami jual adalah Rp. 120.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
  2. Harga Roasted Bean kopi Arabika Peaberry Gayo kami adalah Rp. 230.000,-/Kg Belum termasuk ongkos kirim.
  3. Harga Bubuk kopi Arabika Peaberry Gayo kami adalah Rp. 230.000,-/Kg Belum termasuk ongkos kirim.
  1. Harga Gabah kopi Luwak Liar Arabika Gayo yang kami jual adalah Rp. 200.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
  2.  Harga Green Bean kopi Luwak Liar Arabika Gayo yang kami jual adalah Rp. 500.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
  3. Harga Roasted Bean kopi Luwak Arabika Gayo kami adalah Rp. 700.000,-/Kg Belum termasuk ongkos kirim.
  4. Harga Bubuk kopi Luwak Arabika Gayo  kami adalah Rp. 700.000,-/Kg Belum termasuk ongkos kirim

Untuk Anda yang butuh Kopi Gayo segera hubungi kami Asa Coffee di Jalan lebe Kader Simpang Wariji Takengon Aceh Tengah.

Hp & WhatsApp, LIne, SMS : 0811 6888 665

email : armiyadi.aman.agro@gmail.com

PB : ASA COFFEE

 

 

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 asakopigayo.com
asakopigayo.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap